Gampong Mulia, Gampong Kerukunan Aceh Di Banda Aceh

Penyerahan Sertifikat Gampong Kerukunan kepada Geuchik Gampong Mulia oleh Walikota Banda Aceh

Banda Aceh-Gampong Mulia dikukuhkan sebagai Gampong Kerukunan se-Provinsi Aceh oleh Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh, Kamis 28/12.

Acara berlangsung di Lapangan eks. Agraria, Jl Twk Hasyim Banta Muda, Gampong Mulia Kec. Kuta Alam Banda Aceh. Selain dihadiri langsung oleh Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman dan Kakanwil Kemenag Aceh juga ikut dihadiri Kapolresta, Kakan Kemenag Kota Banda Aceh, Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh Drs Tarmizi Yahya MM, Pemuka Umat Beragama dan pengurus FKUB dan para undangan.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banda Aceh Drs Abd. Syukur menyampaikan tahapan dan proses sampai dikukuhkannya Gampong Mulia sebagai Gampong Sadar Kerukunan se Provinsi Aceh.

Kakanwil kemenag Aceh dalam sambutan diwakili oleh Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Zakat Wakaf (Penaiszawa) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs Azhari menyampaikan sejarah kerukunan di Kota Banda Aceh dan pertimbangan penetapan Gampong Mulia.

” Ureung Gampong Mulia Beumacam Ragam, Ladom Puteh Ladom Itam, Ladom Islam Ladom Budha, Mandum Meumat Jaroe Meusyedara” katanya sambil berpantun.

Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman dalam arahannya mengatakan kehidupan bermasyarakat yang harmonis telah terjalin dengan baik. Menurutnya kesetaraan adalah hak dan itu telah diwariskan sejak dulu sampai kini.

“Penetapan Gampong Mulia sebagai Gampong Kerukunan lambang pengakuan keharmonisan antar umat beragama di Kota Banda Aceh” lanjut Walikota.

Geuchik bersama Ibu-Ibu PKK Gampong Mulia

Acara yang berlangsung dari pukul 14.30 Wib sampai jelang ashar diakhiri dengan makan bersama yang disiapkan oleh masyarakat Gampong Mulia.

“Semoga dengan pengukuhan Gampong Mulia sebagai Gampong Kerukunan di Aceh dapat mempererat ukhuwah sesama warga Gampong Mulia” kata Syukriadi ( Keuchik Gampong Mulia )

“Ini juga bagian dari tradisi yang kita bangun, khanduri kerukunan,” kata Abd Syukur.

Kaban Kesbangpol Banda Aceh Drs Tarmizi Yahya MM ketika diminta tanggapannya mengatakan pengukuhan ini juga telah melewati pertimbangan dan masukan pemuka umat beragama. Diharapkan dengan penetapan ini akan menjadi contoh kebaikan dalam menjaga kerukunan di Kota Gemilang.

” Mari bersama kita dukung pengukuhan Gampong Kerukunan dan kita jaga kerukunan di kota kita,” harap Tarmizi Yahya.