Kunjungi Kampung ĶB Gampong Mulia, BKKBN Siap Bantu Program Rumah Dataku

BandaAceh – Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN), Nofrijal, Selasa (13/03/2018), mengunjungi Kampung KB Sejahtera di Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Turut serta hadir pada kegiatan itu, Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Sahidal Kastri beserta Pejabat Administrator di lingkungannya, Kepala OPD KB Kota Banda Aceh, dr. Media Yulizar, Camat Kuta Alam, Faisal, Keuchik Gampong Mulia, Syukriadi, dan tokoh masyarakat.

Syukriadi dalam laporannya mengatakan, sejak desanya dicanangkan sebagai Kampung KB Sejahtera pada Oktober 2017 lalu, ada harapan akan menjadi desa yang inovatif dan menjadi contoh bagi desa lain di Kota Banda Aceh. Sebutnya angka kemiskinan di desanya mencapai 30% dari jumlah penduduk yang hampir mencapai 5.000 jiwa.

” Kami berharap semoga Banda Aceh dapat dijadikan pilot project pengembangan kampung KB di Aceh, dengan begitu tentu kabupaten/kota lain di Aceh akan mengikutinya sebagai cerminan pelaksanaan program nasional ini,” kata Aminullah dalam sambutannya.

Menanggapi itu, Sestama BkkbN, Nofrijal mengatakan, program Kampung KB adalah program nasional dari Presiden Jokowi yang sudah berjalan sekitar 2 tahun dan kini ada sekitar 7.000 lebih Kampung KB di Indonesia dan Aceh sendiri berjumlah 312 Kampung KB, dan salah satunya adalah Kampung KB Sejahtera di Gampong Mulia, Banda Aceh ini.

” Ada 2 infrastruktur yang kita butuhkan yaitu infrastruktur kesehatan dan infrasturktur ekonomi ” kata nofrijal.

lanjutnya, kita ingin remaja keluar dari asalah latin reproduksi seperti menikah diusia anak-anak dengan adanya pelayanan teknis seperti pelayanan konseling pra nikah. Dan kita akan mencanangkan akan ada Rumah Data Kependudukan. Jika di Kampung KB di sini belum ada Rumah Dataku, BkkbN akan membantu satu program Rumah Dataku, sehingga nanti ada data yang berkaitan dengan keluarga di Kampung KB di sini, termasuk data ibu yang menyusui.

“Tugas BkkbN mengontrol kualitas sumber daya manusia, membangun kualitas manusia sejak dari kehamilan. Di BkkbN ada program seribu hari pertama kehidupan. BkkbN memulainya dari keluarga, dan delapan fungsi keluarga menjadi potret keberhasilan program Kampung KB,” tutup Nofrijal.

berikut foto – foto kegiatan

pengarahan oleh Sestama BkkbN
Penyerahan hadiah oleh bapak Nofrijal kepada Geuchik Gp.mulia
Walikota mengisi buku kunjungan posyandu Bungong Jaroe